Article Detail

ALUMNI MENGAJAR

Kembali di masa pandemi tidak kehabisan akal SD Tarakanita Ngembesan Sleman kerja bareng dengan SD Tarakanita Bumijo Yogyakarta melaksanakan kegiatan virtual zoom untuk memberikan bekal pengalaman wirausaha (entrepreneurship) bagi para siswa kelas VI secara virtual. Dan acara tersebut dikemas dengan label ALUMNI MENGAJAR.

Seorang pengusaha serba bisa dari Jakarta Dolorosa Lintang Sumunar, S.Farm, yang telah menyelesaikan studinya di Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang juga alumni dari SD Tarakanita Bumijo Yogyakarta tahun 2003. Kini merupakan satu dari sederetan pengusaha muda di tanah air yang memilih berkiprah dalam binis yang tidak sesuai dengan latar belakang akademiknya.

Berawal dari iklim demokrasi yang diterapkan dalam keluarganya yang berlatar belakang dosen. Sehingga ketika seorang Lintang Sumunar telah menyelesaikan studi S.1 nya tidak serta merta mencari maupun menciptakan pekerjaan sesuai dengan keilmuan yang diperoleh melalui bangku kuliahnya. Namun justru memilih usaha bisnis yang dibangunnya melalui obsesi dirinya untuk bisa membantu banyak orang.  Seorang entrepreneurship yang berhasil menurut Lintang Sumunar adalah haruslah serba bisa dan memiliki bekal tekad dan perjuangan yang tinggi. Dan tentunya tidak takut dengan tantangan dan persaingan. Maka seorang enterpreneurship harus memiliki kreatifitas yang tinggi agar bisnis yang dibangunnya memiliki kekhasan dan beda dengan bisnis lainnya. Maka menurut keluarga muda beranak satu tersebut menuturkan bahwa seorang pebisnis harus bisa memunculkan Branding bagi usaha bisnisnya.

Bisnis bagi dirinya termotivasi karena kebutuhan hidup, bagaimana bisa membangun mesin uang, dan mampu membuka lapangan kerja bagi banyak orang. Inilah cita-cita yang begitu indah dan sungguh luar biasa.

Menurut Lintang seorang interpreneur harus memiliki daya juang yang tinggi dan harus kreatif. Selain harus selalu belajar dan belajar mereka harus memiliki kemampuan untuk memunculkan hal baru dan kreatif untuk bisa mampu menjadi daya tarik bagi konsumen. Dan selalu membangun skill dirinya sesuai dengan tuntutan zaman. Sehingga tidak boleh berhenti untuk belajar.

Dalam dunia usaha selalu mencul kompetitor atau pesaing-pesaing bisnis yang sejenis yang selalu menimbulkan tantangan bagi pebisnis. Maka dibutuhkan inovasi dengan kreatif memunculkan ide-ide baru, cara-cara baru dan juga menciptakan kekhasan yang tidak dimiliki oleh pengusaha lainnya. Maka di sinilah pebisnis dituntut untuk selalu belajar dan belajar terus tanpa henti.

Program Alumni mengajar adalah merupakan salah satu kegiatan akademik yang dilakukan oleh SD Tarakanita Ngembesan dan juga sekolah-sekolah / unit-unit sekolah yang ada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Tarakanita. Selain sebagai sarana mempererat dengan para alumninya juga menjadi sarana komunikasi antar generasi. Pengalaman ini sungguh sangat menarik karena siswa menjadi saling mengenal bagaimana para alumni Tarakanita mampu berkiprah dalam berbagai usaha dan karya serta layanan di masyarakat dan akan menjadi motivasi bagi para peserta didik yang saat ini sedang menimba ilmu di bangku sekolah.

Yang sangat menarik belajar bersama Lintang Sumunar adalah dia memberikan wacana dan gambaran ke depan bahwa manusia tidak selalu harus mencari pekerjaan seusai menyelesaikan target di bangku kuliah. Namun justru ditantang bagaimana kita bisa dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Selain kita menerapkan Compasion ( bela rasa ) juga praktis membantu pemerintah untuk menyalurkan bakat-bakat banyak orang dan mampu mengurangi tingkat pengangguran di negara kita. Ini sungguh menjadi inspirasi bagi para siswa.

Sebuah event yang menarik yang sempat berlangsung sekitar 90 menit secara virtual zoom tersebut tidak terasa dengan adanya Tanya jawab antar siswa , bahkan para guru dengan nara sumber. Acara tersebut merupakan kerja bareng antara SD Tarakanita Bumijo dan SD Tarakanita Ngembesan Sleman yang keduanya ada di bawah naungan Yayasan Tarakanita Kantor Wilayah Yogyakarta.

Program Alumni Mengajar ini bisa menjadi sarana Bakti Almamater bagi para alumni yang telah sukses dan eksis di dunianya dengan berbagi kepada adik kelasnya yang saat ini sedang berjuang di bangku sekolah. Dari pihak lembaga juga bisa melihat sejauh mana out put dari sekolah tersebut mampu ambil bagian dalam berbagai aktivitas kehidupan dan usaha yang bermanfaat bagi pengembangan Sumber Daya Manusia dan juga pembangunan bangsa dan generasi muda.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment